Skip to main content

Kode-kodean atau Diam-diam Pengertian

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu.
Bapak, ibu yang saya hormati, serta anak sekalian yang saya sayangi, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan KaruniaNya kita masih diberi kesehatan dan kesempatan menikmati masa berkembangnya teknologi yang serba memudahkan manusia seperti saat ini. Salawat serta salam tak lupa kita kirimkan kepada junjungan kita nabi besar, nabi Agung Muhammad SAW sang pembawa risalah kebenaran dan yang syafaatnya kita nantikan kelak di Yaumil akhir.

upss,, ini mau pidato atau mau apa yaa.......????
sebenarnya mau sharing cerita aja sih, ceritanya kurang lebih seperti ini. saat pulang kerumah dari suatu tempat, saya melewati sebuah persimpangan 4. saat dipersimpangan apa yang sebenarnya harus kita lakukan?
a. menaikkan kecepatan kendaraan
b. menurunkan kecepatan kendaraan
c. berhenti lalu melihat sekeliling
d. membunyikan klakson sebagai kode
e. pandang-memandang

nah loh, ini malah disuruh jawab-menjawab. kalau saya sih semuanya.. hehehhehe.
ilustrasi
sebenarnya persimpangan adalah bagian yang paling rawan. kenapa? karena persimpangan mempertemukan beberapa arah yang berbeda. sehingga  perlu adanya lampu lalu lintas agar mengatur jalannya kendaraan.


Kembali pada cerita saya. Saat itu saya ingin mengambil arah kekiri. Namun, karena padatnya rumah disekeliling maka saya tidak dapat melihat apakah ada kendaran juga dari arah tersebut. Dan,,, eng-ing-eng. Ternyata ada kendaraan dari arah yang menjadi tujuan saya yang ingin berbelok kearah saya juga dan jadilah kami sama-sama terkejut lalu saling pandang memandang. Cie-cie-cie.. hahhahaha. Santai-santai bukan disitu pointnya. Apa yang terjadi selanjutnya?  Dalam keadaan diam dan masih saling memandang, orang tersebut pun seakan memberikan petunjuk mempersilahkan saya untuk jalan terlebih dahulu. Pada cerita lain, masih dalam suasana persimpangan, saya kemudian berhenti dan mempersilahkan dari arah lain untuk jalan terlebih dahulu. Ternyata dari arah tersebut berhenti juga. Saat saya maju dia pun maju.. jadilah kami maju, henti canti-cantik,, (Syahrini kali yaaa,, hahha). Nah, terkadang ada kode yang salah diartikan, misalnya seperti yang dialami tersebut memberikan kode, tapi malah sama-sama melakukan misalnya sama-sama maju atau sama-sama berhenti (cie-cie-cie, jangan sampai ada pilem cintaku bersemi dipersimpangan ni… wwkkwkwkwkwk) nah kalau seperti ini salah-satu caranya ya, harus ada yang mengalah.

Saya pun terpikir, dalam sebuah hubungan (lebih spesifik hubungan berpasangan, pertemanan, persahabatan) pun sepertinya harus seperti ini ketika sedang ada yang perlu diubah atau dibicarakan. Memberikan sebuah kode-kode atau diam saja dan saling pengertian. Maksudnya seperti ini. Kalau dalam berkendara dipersimpangan, kita akan membunyikan klakson atau kita hanya diam tetapi salah-satunya akan mengalah dan memberikan kesempatan untuk melewati persimpangan terlebih dahulu. Dalam sebuah hubungan pun sebenarnya harus diterapkan (tapi gak juga pake klakson kales) lalu dengan apa?? Ya dengan isyarat yang lain dong. Misalnya dengan bahasa tubuh, perubahan sikap atau yang lainnya. Tapi jika ternyata memberikan kode pun belum dipahami mungkin bisa diam saja dan pengertian terhadap apa yang sedang terjadi (kalau kata lainnya membangun pikiran positif). Sebenarnya sebuah masalah dalam sebuah hubungan tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar jika saling terbuka dan dikomunikasikan secara baik-baik tapi terkadang  beberapa orang tak  ingin dikomunikasikan secara lagsung dan hanya memberi kode untuk dipahami. Tapi kebanyakan juga pasangan gagal paham atau karena kurang peka kali yaaa.. wah ini kok malah curhat… naaa looh..

Lalu bagaimana jika dibawa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara? Waduh luas amirr.. menurut saya, bisa saja. Namun karena ini cangkupannya lebih luas, mungkin akan sedikit berbeda juga. Berbedanya yaitu ada yang akan menanggapinya dengan positif dan ada yang menanggapinya dengan negatif…

Weleh, ini saya ngomong apa yaa??? Heehhe

Mungkin ini sedikit cuap-cuap dari saya, mungkin kagak nyambung. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat. :D. hati-hati dalam berkendara !!!!

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam