Skip to main content

Inspirasi dari curahan Hati Perempuan

Assalamualaikum.
Wah, ketemu lagi dibulan Mei. Kali ini mau cuap-cuap tentang apa? Ini mau sharing saja sih. Jadi ceritanya setelah pekerjaan menjadi kepala dpr (alias dapur) sudah terselesaikan, maka saya pun mencari kesibukan lain. Dan pilihan jatuh pada nongkrong didepan tv.  dan betahlah mata saya menatapi layar kaca pada sebuah talkshow yang ada di salah satu saluran televise swasta, “curahan hati perempuan”. Tema kali ini yang dibahas yaitu tentang makanan sehat.

Ngomong-ngomong tentang Makanan sehat, ada banyak versi. Ada yang mengatakan bahwa makanan sehat yaitu makanan tanpa pengawet (MSG).  makanan sehat yaitu makan yang tidak berminyak, dan berlemak. Ada juga yang mengartikan makanan sehat adalah makanan less-sugar or less-salt. Banyak versi tentang makanan sehat. Tapi bagaimana menurut para ahli?


Diambil dari sebuah blog milik dr. Suparyanto, M.Kes (http://dr-suparyanto.blogspot.co.id/2010/07/konsep-makanan-sehat.html) konsep makanan sehat  terdapat  dua pengertian yaitu :
a.       Makanan sehat adalah dengan meramu barbagai jenis makanan yang seimbang, sehingga terpenuhi seluruh kebutuhan gizi bagi tubuh dan mampu dirasakan secara fisik dan mental (Prasetyono,2009).
b.      Menurut Hulme, makanan sehat adalah makanan dalam arti sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan sehat harus terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang.  Makanan sehat tersebut juga dikenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna.

Pada acara talk show ini, Bintang tamu yang diundang yaitu perempuan yang mendukung gerakan hidup sehat dengan menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh. Bintang tamu yang pertama adalah seorang ibu yang telah memiliki dua anak. Wanita yang biasa disapa Inta ini memiliki sebuah usaha pesan makanan sehat yang disebut “Rumah Kinan”. Makanan sehat versi ibu yang satu ini yaitu makanan tanpa tambahan gula dan garam. Usaha yang dimulai sejak 6 tahun yang lalu berawal dari saat  diminta membuatkan makanan untuk keponakannya yang tidak diijinkan untuk diberikan makanan yang manis oleh orang tuanya. Sejak itulah, Beragam informasi dicari untuk bisa mewujudkan makanan yang sehat. Hasil pencarian tersebut didapatlah sebuah informasi bahwa Pengenalan rasa ke anak alangkah baiknya dan sebaiknya tidak dikenalkan sejak kecil / dini.  Karena ketika masih kecil (usia dini) indera perasa sebenarnya masih polos, sehingga jika diperkenalkan rasa yang berlebihan kepada anak pada usia tersebut maka sianak akan terbiasa dan pada akhirnya berdampak pada kesehatan. Rasa manis tidak selalu harus berasal dari gula. Rasa manis dapat diperoleh dari buah dan sayur misalnya wortel, apel, pir dan lainnya. Saat ini usaha yang dirintisnya tidak hanya untuk anak kecil tetapi juga untuk ibu menyusui, ibu hamil dan makanan untuk orang dewasa.
Bintang tamu berikutnya yaitu seorang  ibu yang berbinis dibidang kuliner juga. Ibu ini awalnya hanya memasarkan produk milik teman. Namun muncul gagasan untuk membuat produk sendiri. Kebanyakan produk nugget berbahan dasar daging baik itu ayam maupun sapi. Maka ibu ini membuat nugget berbahan dasar ikan dengan melihat banyaknya kebaikan dalam kandungan ikan. Produk inipun juga mengusung tema makanan sehat yaitu tanpa pengawet dan MSG. walaupun bukan lulusan khusus untuk dunia bisnis, atau kuliner namun, ibu yang merupakan lulusan Bahasa Inggris ini membuktikan dengan bekerja secara profesioanl J.

Masih  dalam program acara yang sama , Ustadzah Oki mengatakan bahwa dalam islam dan diterangkan pula dalam Al-Qur’an maupun hadist, bahwa kita diperintahkan untuk memakan  makanan halal lagi baik. Halal yaitu makanan tersebut diperoleh dengan cara yang halal  dan baik (diperbolehkan dalam agama) bukan dengan cara yang diharamkan (dilarang oleh agama). Makanan yang diperoleh dengan cara yang tidak baik dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi diri sendiri. Adanya  makanan haram yang masuk kedalam tubuh akan berdampak pula ibadah kita  yang tidak akan diterima. Ada contoh lain Ketika anak menjadi nakal, bukan hanya lingkungan saja yang sebenarnya mempengaruhi. Bisa jadi faktor asupan makanan yang diperoleh dengan cara yang tidak baik (haram) sehingga  menyebabkan penyimpangan tersebut.  
Sebelum acara ini selesai ada pesan yang disampaikan bahwa Membuat bisnis alangkah baiknya dan sebaiknya berkah. Berkah artinya dapat mendatangkan kebaikan, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi bisa memberikan kebaikan untuk orang lain pula. Memulai bisnis tidak perlu dengan sesuatu yang waw tetapi bisa dimulai dari hal-hal kecil disekitar kita.

Dari acara ini saya mendapatkan inspirasi dan semangat baru.
1.       Jika kita ingin membuat & menjalankan sebuah usaha, jangan lakukan dengan setengah-setengah, maksimalkan usaha. Jika  usaha yang dijalankan tersebut merupakan suatu hal yang sangat baru untuk kita, kenapa harus malu untuk bertanya dan belajar.
2.      Ilmu harus dibagi, isnyaallah keberkahan bersama kita.
3.     Kerja professional. Jangan karena kita lulusan jurusan x, lantas kita tidak mau mencoba melakukan hal yang lain. Bebaslah berkreatif.

Mungkin ini yang bisa saya simpulkan. Mohon maaf jika dalam  penyampaian terdapat kekeliruan kata atau kalimat. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Terima kasih telah membaca. Sampai bertemu dicerita berikutnya. wassalam 


Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam