Skip to main content

SEMARAK AGUSTUS

Assalamu alaikum.
Wah ternyata udah bulan Agustus. Ada apa dibulan Agustus ini? Yup ada yang ulang tahun, siapa? Aduh masah gak tahu, itu loh. Kalau sekarang ada 2 aniversary tapi gk tahu kalau setelah ini ternyata udah ada tambahan yang special.
Well, kembali ke laptop. Anniversary yang pertama adalah PRAMUKA, tepatnya 14 Agustus yang  sudah berusia 54 tahun. Ternyata udah tua juga yaa. Saya sematkan dalam artikel saya ini karena saya adalah anak Pramuka, hidup Pramuka. Kemudian yang kedua adalah INDONESIA yaitu 17 Agustus dengan usia sudah menginjak 70 tahun. Wah tidak kalah tua ternyata.
Pada artikel ini saya akan sedikit bercerita suka cita menyambut hari Ulang tahun Indonesia di daerah saya, tepatnya di Baubau, Sulawesi Tenggara.
Tahun ini saya kembali keperantauan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Jadi untuk tahun ini saya tidak merasakan suka cita HUT di kota saya tercinta. Mungkin sedikit flash back perayaan tahun lalu. begini ceritanya :
Hampir setiap tahun entah sejak tahun berapa dimulai, Baubau selalu mengadakan lomba gerak jalan Indah. Pesertanya adalah seluruh sekolah di Baubau dan  umum. Untuk sekolah terbagi beberapa kategori yaitu berseragam Putih merah (SD), putih biru (SMP), putih Abu-abu (SMA), pramuka di semua tingkatan, dan  aksesoris (semua tingkatan, jika ada). Sedangkan umum berasal dari semua kalangan seperti karang taruna, komunitas, karyawan swasta, PNS dll. Dan barisan  Yang sangat ditunggu yaitu barisan para waria (soalnya heboh, heheh).
Gerak jalan indah biasanya berlangsung selama 3 hari. Hari pertama adalah barisan pramuka, hari kedua adalah baju seragam (terkecuali barisan aksesoris) dan hari ketiga yaitu umum (termasuk barisan aksesoris sekolah). Jauh hari, pasukkan berbaris sudah mempersiapkan barisannya. Latihan dilakukan pagi dan sore. Meskipun tidak semua barisan akan mendapat juara, namun semangat barisan dapat terlihat dari latihan rutin yang dilakukan. Puncak semangat dilihat pada hari H lomba gerak jalan indah. Langkah tegak setiap barisan mampu menggetarkan jembatan. Semua bersemangat, tidak terkecuali barisan SD, yang terkadang mungkin merupakan murid kelas satu. Namun menurut saya, Panasnya mentari, ditambah jarak yang jauh masih kalah jauh dibanding perjuangan para pahlawan dahulu.
Penonton pun tidak kalah meriah, sepajang jalan dari garis star hingga finish tidak luput dari barisan penonton. Sejak dimulainya barisan pertama oleh mersing band sekitar pukul 7.30 hingga barisan terakhir penonton tetap menyemangati para peserta, bahkan tak jarang penonton membawa payung sebagai pelindung dari panasnya matahari dan bekal makan dan minum. Jadi teringat nenek yang dengan setia menonton cucunya setiap tahunnya. Sengaja pergi sangat pagi demi mendapatkan posisi paling depan.
Pemenang barisan kemudian diumumkan pada malam ramah tama yaitu 16 Agustus di Pantai kamali. Acara ini pun biasanya diisi dengan hiburan yang menjadi daya Tarik tersendri bagi masyarakat.
Suka cita tidak hanya sampai pada gerak jalan Indah. Masing-masing kelurahan biasanya juga mengadakan lomba untuk menyemarakkan HUT Indonesia. Tidak terkecuali pemuda-pemudi di kelurahan saya. Sejak jauh hari rancangan kegiatan sudah disusun. Meskipun hadiah yang ditawarkan tidak begitu WAH, namun tidak sedikit peserta yang mendaftarkan diri. Ada  Lomba makan kerupuk, lomba lari sendok kelereng, futsal dll. Sungguh suasana yang menyenangkan. Diajang ini pun bisa menjadi ajang silaturahim.

Bagaimana dengan kampung halaman kalian? Pasti tidak kala seru.
Sayang, tahun ini saya kembali ke rantau lebih cepat. Semoga tahun berikutnya saya bisa merasakan suka cita ini lagi (meski bukan dikampung sendiri, yang penting seperti ini,, heheheh).

**

Demikian sedikit cerita rindu saya terhadap kampung halaman. Maaf jika ada salah kata. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Sampai jumpa dicerita berikutnya. wassalam
persapan disekola

persiapan barisan pramuka

rapi



kebetulan yang ada fotonya cuma ini.. mungkin nanti bisa menyusul
 

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam