Skip to main content

Valentine’s day

Artikel ini dibuat ketika Valentine’s Day, namun karena belum ada kesempatan sehingga baru saat ini artikel ini terposting. Silahkan membaca semoga bermanfaat 

Apakah status anda saat ini berpasangan? Tahukah anda tentang perayaan valentine? Sudah berapa kali kh anda merayakannya?

Hari valentine atau yang dikenal sebagai hari kasih sayang ini sudah menjadi salah satu peringatan penting dalam sebuah pasangan muda-mudi. Entah sejak kapan hari perayaan itu dijadikan sebagai momen penting. Namun, apakah ini berlaku untuk semua agama? Saya rasa tidak, khusunya agama islam. Larangan tentang perayaan hari kasih sayang pun sudah sering disampaikan baik itu melalui sebuah artikel hingga dakwah secara langsung. Namun, ada banyak muda –mudi islam yang turut merayakannya juga.

Dari pandanga saya, sejarah hari kasih sayang pun tidak jelas. Sebab, banyak sumber yang memberikan penjelasan berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa pada tanggal tersebut merupakan hari persembahan untuk pernikahan suci Zeus dan Hera,  hari raya bangsa Romawi paganis, tanggal dieksekusinya tokoh penyelamat Cinta santa Valentine dan masih banyak versi lain.

Dalam senuah survey yang dilakukan seorang kepala sekolah disebuah kota di Sulawesi Tenggara mengatakan bahwa pada tanggal 14 Februari  2011, banyak muda – mudi  yang mengadakan pesta perayaan bersama pasangannya. Sungguh miris.

Disalah satu situs website remaja islam (remajaislma.com) menarik beberapa kesimpulan berdasarkan ceita tentang sejarah perayaan hari kasih sayang yaitu :
1.  Valentine’s day berasal dari upacara keagamaan romawi kuno yang penuh dengan paganism dan kesyirikan.
2.  Upacara Romawi kuno akhirnya dirubah menjadi hari perayaan Gejera dengan nama Saint Velentine’s day atas inisiatif Paus Gelasius I. jadi acara Valentine menjadi ritual agama Nasrani yang dirubah peringatnya menjadi tanggal 14 Februari, bertepatan dengan matinya St.Valentine.
3.  Hari Valentine juga adalah hari penghormatan kepada tokoh Nasrani yang dianggap sebagai pejuang dan pembela cinta.
4.  Pada perkembangannya dizaman modern saat ini, perayaan valentine disamarkan dengan dihiasi nama “hari kasih sayang”.

Nah bagaimana dari sisi Kristen? Berdasarkan salah satu website pelayanan remaja Kristen (remaja.sabda.org) berpendapat bahwa  seharusnya makna hari kasih sayang bagi umat kristiani di seluruh dunia bukan karena menghormati seorang Santo yang adalah seratus persen manusia. Melainkan memberikan penghargaan tertinggi kepada Allah yang seratus persen manusia dan seratus persen Allah. Bukti kasih Allah sangat nyata bagi manusia, yang adalah “pengantin-pengantin-Nya”, seperti yang sudah tertulis dalam 2 Korintus 11 : Rasul Paulus memberikan analogi, sehubungan dengan gencarnya perayaan Valentine’s Day, tentang hubungan kasih antara Kristus dan jemaat-Nya (Efesus 5:25). Jemaat Tuhan yang berkumpul menjadi satu untuk beribadah kepada Tuhan akan disebut sebagai gereja. Gereja adalah tubuh Kristus. Apabila hubungan suami istri dalam suatu keluarga retak, maka gereja akan retak dan tubuh kristus akan retak.

Jadi, sebenarnya perayaan Valentine itu milik siapa? Jika kita hanya berpatokan pada tanggal 14 Februari sebagai hari untuk berkasih sayang kepada kedua orang tua, saudara, kawan dan keluarga, bagaimana dengan hari lain? Jadi tidak usah menunggu tanggal tersbut untuk mengatakan sayang kepada orang-oramg terkasih. Atau menunggu untuk memberikan kado-kado special untuk orang-orang tersayang. Karena setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detiknya adalah waktu yang tepat mengungkapkan sayang tersebut tanpa harus menunggu dikomdani si tanggal 14 Februari J. Karena Waktu hanya milik sang Pencipta  yang memiliki hidup dan mati para hamba-Nya. Kita tidak memiliki hak untuk menunggunya. Jadi gunakan waktu tersisa sebelum kita dijemput oleh malaikat penjemput .

Demikian sedikit cuap-cuap dari saya. Jika ada kesalahan dalam pengetikan dan penggunaan kata yang kurang tepat, mohon maaf karena saya hanyalah manusia yang tak luput dari salah dan khilaf. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca dan wassalam J

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam