Skip to main content

Silaturahim Mahasiswa Cerdas Sultra ku bersama Prof Masihu

Pagi di Sabtu, 3 Januari 2015, saya dan beberapa teman sudah heboh persiapan.  Hari tersebut telah diagendakan untuk hadir dalam pertemuan Keluarga “Cerdas Sultraku “ bersama pak Prof Laode (lengkapnya Prof. Dr. H. Laode Masihu Kamaluddn) di Balaikota Semarang.  Sebelum acara inti dimulai, ada pemutaran video kilas balik tentang program “Beasiswa Cerdas Sultra ku” kemudian video tentang profil Prof Laode. Video yang begitu memukau kami.
Acara inti pun dimulai.  Beliau membuka kuliah (saya istilahkan kuliah umum) dengan sebuah cerita. Cerita perjalan setelah beliau meninggalkan kursi kepemimpinan rector Universitas Islam Sultan Agung hampir setahun yang lalu. tepatnya 31 Januari 2014.  Selama itu, beliau tidak hanya duduk diam, meskipun bukan usia yang tak muda lagi, namun semangat beliau tidak pernah padam untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi umat.
“Tulislah apa yang kamu baca dan bacalah apa yang kau tulis. Tulislah apa yang ingin kau lakukan dan lakukan apa yang kau tulis.  Itulah kunci sukses saya”. Jika melihat ap yang beliau lakukan, saya katakan sukses :D.
Dalam kuliah umum yang tidak terlalu lama tersebut, beliu bercerita apa yang dilakukan sekarang ini. diantaranya yaitu  membangun Bahtemas Bussiness Incubator Academy dan Sulawesi Tenggara Go to Smart Province (SSP).  Peran  Bahteramas Business Academy  yaitu dirancang untuk membantu usaha baru dan sedang berkembang menjadi pengusaha yang mandiri melalui serangkaian pendampingan terpadu meliputi penyediaan sarana perkantoran, akses pasar, bantuan modal, konsultasi manajemen, teknologi seta penciptaan jaringan usaha baik lokal maupun international.   Pada program  ini akan dikirim 30 orang peserta untuk melakukan traning selama kurang lebih 7 bulan  di Seoul, Korea selatan. Traning yang dilakukan yaitu berkaitan dengan perkebunan, peternakan dan industry. kenapa memilih Korea? hal ini didasarkan pada perkembngan industry yang sedang maju saat ini adalah korea. Jika di bilang, pasar dunia sedang dipegang oleh Korea Selatan saat ini.  dalam pengiriman tersebut ada 5 point target yang ingin dipelajari yaitu :
1. Budidaya Tomat
2. Budidaya cabai
3. Ternak sapi potong
4.  Ternak sapi perah
5. Digital incubator

Rencananya peserta akan di kirim sekitar bulan Maret  2015 yaitu pada saat musim semi dimulai. Program ini bertujuan menjadikan provinsi Sulawesi Tenggara menjadi provinsi yang mandiri, provinsi yang tidak meminta-minta. Selain itu, Point yang saya tangkap dari program ini yaitu Sulawesi  siap untuk menuju MEA ( Masyarakat Ekonomi Asia ) 2015.
Setelah menjelaskan program incubator beliau melajutkan penjelasannya mengenai SSP (Sulawesi Tenggara go to Smart).  beliau menjelaskan bahwa jika program ini berhasil maka Sulawei tenggara akan menjadi provinsi percontohan. Program ini adalah mengubah Sulawesi Tenggara menjadi provinsi yang berbasis  digital dan cyber.
Dalam menjalankan program ini, beliau mengarahkan agar kami (mahasiswa Cerdas Sultraku) bisa turut serta didalamnya.  Kami diharapkan bisa menjadi pembayar pajak bukan menjadi penerima pajak.  Jadikan  PNS adalah pekerjaan terakhir di list.
Ada beberapa  pesan yang bisa saya tangkap dan menjadi motivator untuk kita  pada kuliah umum kali ini, diantaranya yaitu :

1.            Sekarang adalah Era Asia, terlebih Indonesia akan menuju MEA (Masayrakat Ekonomi Asia) 2015. Kita dituntut lebih berkulitas dan produktif. Persaingan tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi dari luar negeri juga. Jelas saingan lebih menantang.
2.       Pak Prof Masihu dan pemerintah  telah menyiapkan tempat, tinggal seberapa besar usaha, persiapan dan kualitas kita.
3.            Seperti hidup, mati, rejeki, jodoh pun sudah ditakdirkan, persiapkan diri, tingkatkan kualitas.
4.      Ada beberapa  syarat yang harus dibangun dalam menghadapi tantangan abad ini yaitu, karakter  keimanan, Bahasa international ( bahasa Inggris) dan cyber.
5.         Seperti dalam buku beliu “Hebat”. Uang mengikuti gagasan bukan gagasan yang mengikuti uang.  Allah . uang ada dimana-mana tinggal seberpa kuat kita mengambilnya.
6.      Jadikan  PNS  sebagai  pilihan terakhir. Jadilah pembayar pajak, jangan menjadi penerima pajak.  berlombalah menjadi  pembayar pajak yang tinggi.
mungkin ini yang bisa sedikit saya bagi, bila ada informasi yang kurang atau salah dan penyusunan kata yang kurang berkenan, saya minta maaf sebesar-besarnya karena saya hanyalah manusia biasa yang yang tidak luput dari salah dan khilaf.. semoga apa yang saya tulis berdasarkan ingatan saya yang kurang ini bisa memberikan kita pelajaran dan motivasi. akhir kata saya ucapkan terima kasih telah membaca dan mari berkontribusi dalam membangun tanah air tercinta, menjadi penyumbang terbesar dengan membayar pajak  :D.. wassalam :D


Photo Bersama :)



Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam