Skip to main content

Dua Jam Lebih Dekat bersama Tere Liye

Assalamu alaikum,
Mau laporan lagi ni, tadi abis  liputan di Unissula. Wah liputan apa sis?
Langsung aja kalau begitu laporannya J

Minggu, 4 Mei 2014. Pukul 8 gedung B Aula Fakultas Kedokteran sudah ramai didatangi oleh peserta seminar. Hari ini, berdasarkan informasi dan tiket yang dibeli akan ada seminar yang diadakan oleh salah satu lembaga mahasiswa di Unissula yaitu AJF salah satu LSO di Fakultas Teknologi Industri).  Tidak hanya berasal dari Unissula sendiri bahkan ada yang berasal dari IAIN Walisongo, dan IKIP semarang. Seminar kali ini dengan tema “Small Action to Raise Khairah Ummah generation. Aku, Kau dan Semangat di Ujung Tanduk? Ayo Raih Berjuta  Rasanya Semangat dengan Ridho Ilahi” dengan pembicara Tere liye.

Mendengar namanya. mungkin tidak asing lagi ditelinga kita. Seorang penulis novel yang karyanya luar biasa dan selalu best seller. Bahkan tidak jarang bukunya difilmkan diantaranya  Hafalan Surat Delisha, Bidadari-Bidadari Syurga dan masih banyak lagi..
Beliau mengawali seminarnya dengan sebuah cerita “Kisah Burung pipit , penyu, dan pohon kelapa”. Cerita ini memberikan kita pesan bahwa kita bisa menjadi burung pipit yang terbang melintasi belahan bumi, melihat banyak kejadian atau mungkin seperti penyu yang berenang melintasi samudera. Namun kita juga bisa meniru pohon kelapa, yang walaupun hanya tumbuh dan berkembang di satu tempat saja, namun siapa tau buah yang dihasilkannya bisa sampai daratan yang jauh, terbawa oleh gelombang laut. Jadi meskipun kita hanya tinggal dan berkembang disatu tempat saja namun ingatlah bahwa kita bisa menjadi pohon yang menebar kebaikan.
Seperti tema yang diambil “ Small action  to raise khairah umma generation” ada beberapa pesan  tentang Apa yang bisa dilakukan pemuda modern dan pemuda islam yaitu :
-      Kita semua adalah special, jangan rusak diri kita untuk mereka yang menganggap diri kita special.
-      Taklukkan kemalasan.
-      Kompetiror terbesar kita adalah diri kita sendiri.
-      Ketekunan adalah kunci segalanya.
-      Lakukan yang terbaik, tidak ada resep / tips special untuk menjadi special.
-      Pergilah melihat dunia
-      Temukan hobi, aktivitas kegiatan bermanfaat
-      Dalam setiap kesempatan, attitude selalu lebih penting dibanding jenius
-      Masa muda tidak akan pernah kembali, maka bergegaslah.

Setelah memaparkan materi, sesi tanya-jawabpun dibuka. Banyak yang berantusias untuk bertanya. Kesempatan pun di buka dengan 3 penanya untuk setiap sesinya. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, terkadang beliau memberikan jawaban dengan cerita. Misalnya saja tentang sebuah motivasi. beliau kemudian bercerita tentang ibu beliau. bagaimana kesehariannya yang bangun sejak jam 4 subuh dan beranjak tidur pada pukul 10. Yang menyiapka makanan tapi selalu makan terakhir, selalu mengutamakan kepentingan anak diatas kepentingan pribadinya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terbawa hinggah kini. Lalu muncul pertanyaan. Kenapa bisa seperti tersebut? jawabannya yaitu MOTIVASI. bagaimana termotivasi untuk menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya, motivasi untuk menjadi seorang yang bisa menjadi panutan anak-anaknya. Semua kembali pada motivasi diri.

Ada kisah lain tentang mitvasi yang disampaikan yaitu tentang Aladin dan lampu ajaibnya. Seperti yang kita tahu pada cerita Aladin. Gosok 3x kali ke lampu maka akan keluar jin dan apapun yang diminta akan terkabulkan. Namun, harus kita tanamkan dalam diri bahwa itu hanyalah cerita fiksi, sebuah dongeng pengantar tidur. Namun sebenarnya dalam diri seseorang tersebut ada. yaitu MOTIVASI. ketika kita sedang inginkan sesuatu, gosok dada sambil berkata, saya bisa J

Karena keterbatasan waktu maka pertanyaan dicukupkan meskipun masih banyak yang ingin ditanyakan. Acara belum selesai namun sang pembicara sudah meminta ijin karena ada jadwal lain yang sedang menunggu.  Acara kemudian dilanjutkan dengan membagikan dorprise buku kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari MC. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa.


Demikian laporan dari saya. Mohon maaf apabila ada salah kata atau ada penyampaian yang kurang atau dilebihkan. Lebih dan kurangnya mohon dimaaf,, sampai jumpa diliputan berikutnya,, wassalam  J

bang Tere

sesi tanya jawab

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam