Skip to main content

Berkenalan dengan “ MAHAPATI”

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.
Mau kenalin lagi ni keluarga saya di Semarang. Emang ada? ya ada dong. Masa sih,  Siapa? Yeee,, penasaran yaa? Ni saya mau kenalin.  Dibaca  baik-baik ya J

MAHAsiswa Pecinta Alam fakultas Teknologi Industri atau yang dikenal dengan MAHAPATI adalah suatu organisasi semi otonom yang berada di bawah naungan fakultas Teknologi Industri yang bergerak dalam  kepecinta Alaman. Organisasi ini sudah berdiri sejak tahun 2003, bersamaan dengan tahun berdirinya fakultas Teknologi Industri tepatnya tanggal 17 Oktober 2003.

Seperti organisasi pecinta alam pada umumnya, kegiatannya pun berkisar tentang kealaman. Saya bergabung dengan Mahapati  kurang lebih 3 tahun yang lalu. Desember 2011 (tanggalnya lupa), yaitu saya dilantik menjadi anggota muda Mahapati setelah menjalani latihan dasar (diksar) selama beberapa hari. Dalam Mahapati ada 5 macam keanggota yaitu : anggota muda, anggota tetap, anggota luar biasa,  anggota simpatisan, dan  anggota kehormatan. Menjadi anggota  muda sebenarnya sudah menjadi bagian dari keluarga Mahapati. Namun untuk bisa masuk dalam struktur keanggotaan harus melakukan pendidikan lanjut (dikjut) yang terdiri dari dikjut Gunung Hutan (GH), dikjut Caving, dan dikjut Rock Climbing (RC) . setelah melakukan pendidikan itu barulah kami dilantik menjadi anggota tetap Mahapati.
Menjadi mahawasiwa dengan tambahan kegiatan diluar proses perkuliahan sebenarnya tidak mudah. Harus pintar-pintar mengatur waktu agar tidak ada kecemburuan dari masing-masing kegiatan. Cape, jelas pasti. Namun, jika dilakukan dengan iklas insyaallah semua akan dimudahkan oleh sang pemilik segalanya. Terkadang kita sudah bisa mengatur Antara urusan kuliah dengan urusan diluar perkuliahan, namun ternyata adalah masalah lain yang meghadang. Keluaga. Itulah tantangan yang terberat. Bukan juga terberat sih, namun karena ketakutan kita lebih besar ketimbang keberanian kita untuk memperkenalan  keluarga Mahapati terhadap keluarga inti, terkadang kita berjalan tanpa restu ortu. Itu terjadi pada saya. Kegiatan seperti ini, sebenarnya bukan kali pertama. Sejak SMA saya sudah masuk dalam keluarga kepramukaan. Dan tidak jarang juga bermalam di luar dengan beratapkan langit dan beralaskan bumi. Hanya saja, k pecinta alam lebih mengarah kepada sesuatu yang ekstrim, padahal sebenarnya tidak seperti itu. mungkin karena selama ini kebanyakan media hanya mengambil berita ketika terjadi sesuatu seperti berita duka meninggal di gunung atau berita yang lain. Jarang media mengekspos berita lain yang sebenarnya banyak hal baik yang pecinta alam lakukan. 

Menjadi bagian dari keluarga besar Mahapati menjadi anugerah tersendiri bagi saya. Setiap orang yang bergabung dalam suatu organisasi pasti akan membanggakan organisasi tempat mereka bernaung. Dan itu memang tidak salah. Karena semua memang seperti itu. ada rasa kekeluargaan disetiap organisasi. Saya tidak akan membanggakan dan menyatakan bahwa Mahapati lebih unggul. Tidak. Saya hanya akan berbagi cerita tentang apa yang saya rasakan tentang Mahapti.
Kebanyakan yang saya tahu kebanyakan anggota Mahapati adalah anak rantau. Sumatra ada, Kalimantan ada, dari luar Semarang ada, bahkan perna dari Nusa Tenggara.  Inilah yang saya anggap point plus. Kami sama-sama dari rantau. bagi saya, rasa rantau itu lebih kuat kekeluargaannya, bahwa kita sama-sama dari luar yang tak punya siapa-siapa disini.

Mahapati, hanya sebuah organisasi pecinta alam yang mempunyai visi dan misi. Yang mempunyai stuktur organisasi dan program kerja. Namun bagi saya. Mahapati adalah sebuah Rumah. Seperti layaknya sebuah keluarga, mengayomi anggota keluarganya, mengajarkan berbagai hal baik, baik itu tersurat maupun yang tersirat.  Mengajarkan hak dan tanggung jawab. Dan saya bangga telah menjadi bagian dari MAHAPATI

refting  di Magelang
ngisi outbond di LKMM  FTI (Gunung Pati)

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam