Skip to main content

Berwisata ke Perbatasan Korea

Assalamu alaikum
Mau sedikit berbagi cerita saat tour bersama teman-teman foreign. Namun tour ini sedikit berbeda. Seru dan sedikit menegangkan. Loh kenapa? Karena tempat yang akan ditujuh adalah daerah perbatasan antara negara Korea Selatan dan negara Korea Utara. seperti yang kita ketahui bahwa kedua negara ini bukanlah negara dengan kondisi yang harmonis. hinggah sejarah pun mencatat situasi ini. Dahulu kedua negara ini merupakan kesatuan negara Korea. Namun setelah perang dunia II berakhir, korea menjadi bagian dari sejarah perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika yang merupakan negara adidaya yang ingin menguasai dunia. Uni soviet yang dengan paham komunisnya dan Amerika dengan paham liberalnya. perang Korea terjadi sejak tahun 1950 sampai 1953. Sejarah mencatat perang berakhir tahun 1953 setelah dibuat persetujuan gencatan senjata.



Dalam tour kami, kami dijadwalkan akan mengunjungi beberapa tempat. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Dora Obesrvatory yang berada di daerah "도라 산  (gunung Dora)". Tempat ini merupakan daerah Observatory. Dari tempat ini, dapat kita dapat melihat sedikit keadaan kota negara tetangga. Pada kunjungan kami ini, kami disambut dengan pemutaran video tentang  saat perang dan penjelasan tentang garis perbatasan. Setelah itu kami menuju miniatur perbatasan negara antara Negara Korea utara dan selatan. penjelasan dilakukan dalam 2 bahasa yaitu bahasa Korea dan Inggris. Dalam pembahasannya dijelaskan bahwa ada satu kota yang berada sangat dekat dengan negara berbatasan tersebut namun, tidak dihuni karena terlalu dekat dengan garis perbatasan. Di tempat ini, kami tidak diizinkan untuk mengambil gambar. setelah sedikit bercerita kami menuju satu tempat dimana  disedikan teropong untuk melihat dimana garis perbatasan. kami juga dapat melihat dengan jelas bendera Korea Utara yang merupakan bendera tertinggi dengan tinggi 160 m.

Setelah itu, kami menuju asrama militer untuk makan siang. kemudian dilanjutkan menuju DMZ. DMZ merupakan singkatan dari Demilitarized Zone. DMZ adalah zona netral antara Korea Utara dan Korea Selatan. dengan panjang 248 km dan lebar hampir 4 km. jalur yang melintasi semenanjung Korea ini berguna sebagai zona antara selatan dan utara Korea. Di DMZ ini kami berkesempatan mengunjungi Third infiltration tunnel. Third infiltration tunnel ini dibuat oleh Korea Selatan karena Korea Utara pernah mencoba untuk membuat terowongan bawah tanah sebanyak 4 kali. Namun diketahui oleh pihak Korea Selatan, dan akhirnya terowongan tersebut ditutup. Menurut salah satu sumber, terowongan pertama ditemukan 1974, terowongan kedua ditemukan tahun 1975, terowongan ketihga ditemukan tahun 1978 dan terakhir pada tahun 1990.  Setelah berkunjungan ke bawah tanah untuk melihat third infiltration tunnel. kami melanjutkan perjalanan ke Dorasan stasiun. 

Dahulu Dorasan stasiun merupakan stasiun yang melayani pengiriman barang antara Korea Utara dan Korea Selatan namun pada 1 januari 2008 Korea Utara menutup secara sepihak jalur ini. Awal memasuki stasiun ini, saya mengira bahwa kami akan mengalami perjalan kereta, hal ini diperkuat karena stasiun yang terlihat seperti stasiun pada umumnya ada ruang tunggu dan toko-toko kecil.sebelum kembali melanjutkan perjalanan seorang teman menunjukkan sesuatu yang membuat saya tersentuh. sebuah papan iklan yang bertuliskan "Not the last stasion from the South, But the First stasion toward the North".

lanjut ketempat berikutnya, yaitu JSA Security Batalion. Seperti tempat-tempat sebelumnya, disini pun kami diputarkan video. Di tempat ini juga merupakan tempat belajar militer beberapa negara. sebelum pulang kami diberi waktu untuk mamir ke souvenir. setelah melihat-lihat kami pun segera bergegas menuju bis untuk kembali ke kampus tercinta.

Perjalan yang cukup lama, dimulai pukul 10 dan kembali pukul 16.00

**
Demikian sedikit cerita saat berkunjung kedaerah perbatasan Korea Utara dan Selatan, jika ada beberapa info yang kurang akurat, mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf. Semoga bisa bermanfaat.

dokument foto

bus tour

DMZ



saat makan 

Dorasan Stasiun

tersentuh ^^ 

DMZ


Dorasan Observatory

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam