Skip to main content

belajar sejarah di Seodaemun Prison



Apa yang terlintas dipikiran anda saat melihat bangun tersebut?  
Kantor pemerintahan? Sekolah? Atau apa?

jika saya mengatakan “ini adalah penjara “ percayakah ada?

Ya, inilah adalah “Seodaemun Prison”,

yang artinya penjara Seodaemun. Bangunan ini dibangun sejak tahun  1907. Dan mulai difungsikan pada 21 Oktober 1908. Seperti namanya “penjara”, bangunan ini digunakan untuk memenjarahkan masyarakat yang anti terhadap aktifitas koloni Jepang. Bangunan ini bisa menampung sekitar 500 jiwa.. Setelah masa colonial berakhir(1945), bangunan ini beralih fungsi sebagai kantor oleh pemerintah Korea dan sekarang telah disulap menjadi museum..


Saat memasuki bangunan ini aka nada peringatan yaitu peringatan untuk tidak bersuara keras dan tidak menggunakan flash pada saat mengambil gambar sebagai cara mengormati mereka yang telah mendahului kita.

Museum yang satu ini, sudah menggunakan sentuhan-sentuhan teknologi canggih  dalam penyampaian informasinya. Cerita akan ditampilkan pada monitor besar sehingga pengunjung cukup mendengar dan melihat tanpa harus repot-repot membacanya lagi.  Beberapa part hanya menampilkan suara saja.


Seodaemun Prison ini terdiri dari 17 spot. Yaitu :

1.    Exbition hall
2.       Central prison building
3.       Prison building no 12
4.       Prison building no 11
5.       Engeenering work building
6.       Leper’s building
7.       Reverence Monument
8.       Wailing poplar
9.       Execution building
10.   Corpose removal exit
11.   Site of prison building
12.   Gyeokbyeokjang (exercise facility)
13.   Women’s prison
14.   Watchtower and walls
15.   Cook house
16.   toilet
17.   drinking fountain.


Walaupun setiap ruangan terkesan modern, tapi  nuansa masa penjajahan dan dan perlakuan kejam sangat terasa. Banyak foto-foto yang ditampilkan, ruangan-ruangan bawah tanah dan penjara-penjara dibuat seolah-olah seperti keadaan zaman dahulu dengan penambahan miniatur-miniatur yang dibuat semirip mungkin. Serem jika dikenang.
Itulah penjara.  

Bangun yang menyeramkan untuk para penghuninya. Hanya melihat saja sudah sangat mengerihkan apalagi jika dijalani. Kemerdekaan yang dirasakan sekarang ini tidak didapt begitu saja. Begitu banyak yang telah dikorbankan orang-orang terdahulu, bukan hanya harta, keluarga, bahkan nyawa pun ikut dipertaruhkan.  Banyak yang  tewas saat memperjuangkan kemerdekaan, dan ada beberapa yang berhasil selamat sampai saat ini walaupun dengan anggota tubuh yang tak sempurna lagi.



walaupun sekarang kemerdekaan sudah diproklamasikan namun, perjuangan belum berhenti. Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.  
ayo generasi muda, tanggung jawab kita sangat besar

bangsa yang besar adalah bangsa yang menhargai jasa pahlawannya“ (Ir. Soekarno)

jagalah nama mu, jngan sampai disebut penghianat bangsa“ (Jenderal  Gatot Subroto)


miniatur kompleks Seodaemun Prison

sisa peninggalan

penjara wanita

Comments

Popular posts from this blog

Serunya Permainan Tradisional

Assalamualaikum  warahmatulahi wabarakatu.  yee,, Ketemu lagi.. apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. amin Oh ya, saya punya cerita. Jadi gini. Tadi saya dan sepupu-sepupu saya ngobrol bareng. Topik yang diobrolin banyak dan kemudian sampailah pada topik mengenang masa lalu. Masa lalu yang diperbincangkan yaitu tentang betapa serunya masa kecil kami dulu. Masa dimana kami belum mengenal gadget. Sangat berbeda dengan anak-anak masa kini yang sejak kecil sudah mengenal dan bahkan sudah bisa menggunakan kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini.

KPM, LKM, BKM, bersaudarakah?

Assalamualaikum, Apa kabar, semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,, amin. Wah awal bulan ada cerita apa ini? kalau dari judulnya sih kayaknya mau cerita tentang keluarga ini. eits.. tidak-tidak.. bukan begitu. Dari pada ngawur, yuk simak ceritanya. Sekitar pukul 08.15 WITA saya mendapat pesan dari teman yang menanyakan apakah saya sedang sibuk saat itu. Saya pun menanyakan ada apa? lalu dia pun menjelaskan bahwa saat ini sedang ada sosialisasi tentang KPM dan untuk perwakilan kelurahan masih kurang   satu orang. Jadi saya pun ditawarkan untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Karena saya pun sedang tidak sibuk, maka saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Maka dengan segera saya bersiap-siap untuk menuju TKP.   Saat tiba di tempat sosialisasi. Acara sudah dimulai dan sudah sampai pada laporan ketua panitia. Saya pun kemudian masuk dan mencari kursi kosong. Seperti kata-kata orang bahwa ketika kita berpikiran positif maka sekeliling pun akan membawa

Belajar jadi Tour Guide

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Happy May’s day.  Wah udah tanggal 1 Mei aja ni. Gk terasa yaa,,, (sebenarnya kerasa banget,, soalnya kaga ada kerjaan. Hehhehe). Apa yang anda ketahui tentang Mey’s Day? Atau ada peringatan apa saja yang ada di bulan Mei? Jadi ingat waktu masih dinegeri sebelang. Bulan Mei  adalah bulan sibuk untuk performance (baca : Awal bulan mei Di Seoul). Akan banyak terselenggara festival selama bulan Mei karena didukung cuaca musim semi yang sangat cantik. Ya jadi teringat kejadian 3 tahun yang lalu. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang peringatan apa saja yang ada pada bulan Mei. Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menjadi seorang pemandu wisata. Jadi ceritanya seperti ini. Senior saya yang dari Kendari meminta saya untuk mengajaknya berjalan-jalan mengenal Baubau. Namanya ka Dhita . kami mulai saling mengenal sejak bersama mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa ke Seoul, Korea Selatan. Ternyata nasib kam